Rabu, 29 September 2010

Kue Dengan Dekorasi Cantik Hiasan Natal


Mengisi waktu luang Anda dengan hal-hal yang positif tentu saja menyenangkan, bagaimana dengan membuat hiasan natal berupa kue natal? hmm pasti menarik yach..

Tak ada batasan mengenai tema dekorasi yang pas untuk kue Natal. Namun, di beberapa negara Eropa, ada tradisi menghias kue Natal dengan pemandangan bersalju, plus pohon natal, dan boneka Sinterklas sedang membagikan hadiah Natal. Maklum, hari perayaan Natal selalu jatuh pada musim dingin—di negara yang memiliki 5 musim—dan keberadaan boneka Santa sebagai ornamen dekorasi menghadirkan atmosfir kegembiraan di tengah udara dingin di musim ini.

Kue dengan dekorasi pemandangan bersalju pun mengilhami para dekorator kue Natal di sini untuk menghadirkan kue Natal dengan hiasan pemandangan bersalju pula. Meski tak ada musim dingin Indonesia. Kue dengan pemandangan bersalju membantu mereka yang merayakan Natal di sini, untuk berimajinasi seolah merayakan Natal di negara Barat. Atau untuk menikmati sensasi merayakan Natal dengan atmosfir sebagaimana yang dirasakan oleh orang-orang di Barat.

Berikut ini adalah kue dengan dekorasi pemandangan bersalju, dan bagaimana membuatnya secara relatif cepat dan mudah. Seluruh bahan dekorasinya bisa dimakan (edible), termasuk ornamen boneka Sinterklas, rumah-rumahan, dan pohon Natal. Foto-foto: Richard
ImageImage

Cara membuat:
  1. Siapkan cake yang akan dihias.
  2. Kocok fresh cream sampai mengembang.
  3. Buat ornamen gunung (bukit) dari potongan-potongan kue dan tutup dengan fresh cream, menggunakan spatula atau pisau pastry. Kemudian buat ornamen rumah dari potongan kue berbentuk bujur sangkar (untuk dinding-dindingnya) dan segitiga untuk bagian atapnya, dan tutup dengan fresh cream.
  4. Gunakan spatula / pisau pastry untuk menutup seluruh permukaan kue dengan fresh cream. Untuk memberi efek gundukan-gundukan salju, ambil sedikit fresh cream dengan pisau pastry dan tepukkan-tepukkan pada permukaan lapisan fresh cream.
  5. Siapkan Edible Icing Image untuk ornamen dinding rumah, pohon natal, sinterklas sedang mengendarai kereta luncur yang ditarik beberapa ekor rusa, papan ucapan “Selamat Natal (Merry Christmas)” dan/atau ornamen lain yang Anda kehendaki. Potong bagian tepi masing-masing image yang akan Anda gunakan.
  6. Lelehkan cokelat putih dengan cara ditim atau menggunakan microwave. Setelah leleh, jauhkan dari panas atau keluarkan microwave dan diamkan sampai agak dingin dan mengental. Kemudian oleskan tipis saja ke bagian belakang icing image. Untuk ornamen/image yang akan ditancapkan ke kue (misalnya pohon Natal), letakkan stick lolipop di bagian belakang image sebelum mengolesi bagian belakang image dengan cokelat putih. Dinginkan dalam lemari es selama beberapa menit sampai mengeras.
  7. Lelehkan dark chocolate dengan cara ditim atau menggunakan microwave, untuk melapisi bagian atap ornamen rumah. Setelah leleh, jauhkan dari panas atau keluarkan dari microwave dan diamkan sampai agak dingin dan mengental. Siramkan ke seluruh permukaan bagian atap rumah. Simpan dalam lemari es selama beberapa menit sampai mengeras, sebelum meletakkan pada posisinya dalam lansekap dekorasi.
  8. Taburkan gula halus ke bagian atap rumah yang telah dilapisi dark chocolate, untuk memberi efek bersalju.
  9. Tutup seluruh permukaan dinding rumah dengan icing image.
  10. Pasang icing image (yang bagian belakangnya telah diolesi cokelat putih) pada posisi Anda kehendaki.
  11. Terakhir, letakkan candy doll pada posisi yang Anda kehendaki (agar candy doll tidak rubuh, oleskan fresh cream ke bagian bawahnya sebelum meletakkannya di permukaan kue.
Selamat Mencoba !

Sumber :
http://www.pastrynbakery.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Natal Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar