Selasa, 12 Oktober 2010

Kiat Membeli Bunga Anggrek


Bagi Anda pecinta bunga tak ada salahnya melirik bunga yang satu ini yakni Anggrek.Anggrek termasuk tanaman yang cantik dan mudah dalam perawatannya namun untuk mendapatkan tanaman yang berkualitas, dalam arti tanaman sehat dan diharapkan rajin berbunga, tidak asal ambil saja. Secara umum yang perlu dilakukan adalah cari nursery anggrek yang berkualitas. Mempunyai besar tanaman seragam dan perawatannya bagus.

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh para hobiis, ketika membeli dan memilih tanaman anggrek di pasaran/nursery, yakni :

Daun berwarna hijau dan segar
Tanaman anggrek yang sehat daunya berwarna hijau mulus. Tidak ada bintik-bintik hitam bekas serangga atau hangus karena sinar matahari. Daun yang segar menandakan perakaran tanaman sudah bagus, perawatan juga bagus. Sedang daun yang kekuningan dan mungkin sampai layu bisa disebabkan karena serangan jamur. Atau bisa juga tanaman kurang perawatan/penyiraman dan pemupukan.

Batangnya gemuk
Tanaman anggrek dengan perawatan yang bagus, yaitu pemupukan sesuai dosis dan rutin, penyiraman tidak pernah terlambat, akan dihasilkan tanaman dengan batang yang gemuk. Batang gemuk perlu diperhatikan adalah gemuk yang kokoh, bukan gemuk yang lembek. Batang gemuk, tapi tidak kokoh atau lembek, biasanya tanaman dipacu dengan pemupukan N yang tinggi. Hal ini perlu dihindari, karena tanaman akan mudah loyo dan busuk. Tanaman anggrek dengan batang kurus biasanya kurang pemupukan dan penyiraman.

Perakaran kokoh
Tanaman anggrek bila sudah kuat/tidak goyang dipotnya, menandakan bahwa tanaman tersebut sudah kuat perakarannya/banyak akarnya. Hal ini bisa terjadi bila perawatan tanaman tersebut bagus. Tanaman anggrek yang masih goyang dipotnya, menandakan tanaman tersebut belum banyak tumbuh akar. Karena perawatan yang kurang bagus. Bisa juga baru dipisah dari indukannya. Atau baru ganti pot.

Anggrek sebagai tanaman hias, yang utama dilihat adalah bunganya. Namun demikian bukan berarti batang dan daun tidak diperhatikan. Sebelum berbunga proses pertama adalah pertumbuhan batang dan daun. Bila terjadi keterlambatan pertumbuhan batang dan daun dapat dipastikan anggrek tersebut juga terlambat berbunga, bahkan tidak berbunga sama sekali. Kesatuan dari ketiganya akan tercipta keindahan yang fantastik. Batang yang gemuk dan kokoh, daun tebal hijau segar dan mulus, serta bunga yang menawan adalah idaman semua hobiis tanaman anggrek.


Sumber :
http://wawaorchid.wordpress.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih di toko bunga & parcel online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar